Skip to main content

Pembinaan K3

Posting langsung dari acara Pembinaan K3 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta tanggal 9-11 Agustus 2009. Yang diadakan di hotel Karwika Cisarua Bogor.

Persiapan untuk berangkat, dan tetek bengeknya dari jam 8 pagi. Kemudian berangkat 8 orang dari beberapa kompleks mulia group yang seharusnya 19 orang. Sisanya karena rumahnya sekitar daerah Bogor, memilih untuk berangkat sendiri-sendiri. Tadinya aku pikir mau naik motor saja. Tapi ya kesepakatan bersama akhirnya diputuskan untuk naik kereta saja biar cepat. Maksudnya lebih cepat dari mobil. Kemudian berangkat juga naik bus ke stasiun cawang jam 8.30, langsung beli tiket kereta dan ngga lama kereta datang. Hmmm... Pengalaman pertama naik kereta listrik ekonomi nih. Norak.

Kereta listrik? Ekonomi? Sebelumnya cuma bisa bayangin waktu temen-temen pada cerita-cerita, lihat berita di televisi dan ya belum terfikir sebelumnya untuk punya niat naik kereta itu. Ketika datang KRL jurusan jakarta-bogor itu langsung tercium aromanya. Citarasa Indonesia yang kental dan sedikit keindahan dari pencitraan berbagai dimensi tentang tumpuk-tumpukan dan tumpang-tindih penumpang yang berdesak-desakan. Aku juga larut dan baru sadar bahwa kereta sudah mulai jalan ketika aku baru mengayunkan tangan untuk meraih hanger yang ada di pintu. Begitu sesaknya sampai aku harus ditarik oleh temenku yang sudah ada di dalam lebih dulu. Huh... Belum berakhir di situ saja. Sesak dan himpitan dari penumpang yang berjejal membuat pening ditambah keringat dan bau ketiak yang mau ngga mau diterima dengan lapang dada. Indah. Satu lagi pengalaman di depan mata aku saksikan langsung yaitu Copet. Tepat di depanku waktu itu selepas dari stasiun depok seorang pria yang penampilannya menurutku mencurigakan dengan mulut yang terus mengunyah permen karet, bagpack di depan dada, dengan santai tanpa bergantung pada hanger 1 tangan pun, karena tangannya beroperasi. Tepat di depanku, sekali goyang langsung srett... Tanpa disadari orang di sekitarnya, satu orang di depannya dompetnya berpindah kantong. Uh... Tak terbayang sebelumnya akan benar-benar melihat hal seperti itu. Tak ada yang bisa aku lakukan selain turun dari kereta setelah disentuh pundakku oleh teman-teman dan tersadar kereta berhenti di stasiun Bogor.
Dari stasiun kereta jam 10.37 istirahat beli air minum, langsung carter mobil ke hotel. Aku pikir dekat. Eh balik arah terus muter lagi lewat jalan tol lg. Hehh... Macet? Ya iyalah hari Minggu di puncak.

Akhirnya sampai hotel jam 12, langsung disambut pengelola hotel. Tadinya niat sampai hotel langsung tidur. Ngantuk ngga ketulungan. 24 jam mata sudah over hour banget. Tapi harus ditunda dulu karena ada yang lebih urgent tanpa order nih. Makan siang. Hualah ... Cari warung makan jalan kaki lagi ke depan ke jalan raya mungkin lebih 400meter dari hotel.

Perut kenyang, baru mulai merebahkan badan. Uh,.. Lumayan, lumayan bisa tidur sebentar. Tepat jam 8 acara pembukaan dimulai setelah makan malam. Acara pelatihan dibuka oleh kepala disnakertrans Jakarta bp. H Deded.
Setelah itu, lanjutkan... Tidur Lagi.

Comments

  1. Good morning, my dear friend, Thanks 4 the visit, wish you luck and keep smiling for today ....:thumbsup:"

    ReplyDelete
  2. infonya sangat bermanfaat....keep posting ya

    pelatihan k3

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Yamaha Jupiter MX-135LC Electrical Diagram

Yang sudah lama dicari akhirnya ketemu juga. Buku manual Yamaha Jupiter MX-135LC. Hehe... padahal punya motornya sudah 3 tahunan tapi jarang utak-atik, kemudian saat dapat masalah baru mau belajar . Terimakasih untuk juragan Darshan dan anekacampur-nya yang berkenan sharing link downloadnya meski sudah agak basi tapi bagi yang baru mau belajar seperti saya mungkin petunjuk wajib untuk mengenal seluk beluk dan komponen dari motor Jupiter MX ini. Lantas yang ingin saya sampaikan hanya yang berhubungan dengan kelistrikan motor ini saja. Mekanisnya browsing blog sebelah ya... Berikut ini saya bawakan gambar diagram kelistrikan dari motor Jupiter MX-135LC dan juga diagram circuit lightingnya yang bawaan pabrik ini. Langsung saja di klik linknya karena kalau ditampilkan disini terlalu besar dan juga kalau diperkecil gambar jalur kabelnya tidak kelihatan. MX135LC-lighting circuit diagram MX135cc-wiring diagram Mudah-mudahan dapat membantu bagi yang sedang mencari dan ingin belajar atau sedang a…

Keselamatan dan Kesehatan Kerja Lift

Setelah pada posting sebelumnya saya menguraikan tentang perjalanan dan pengalaman unik menuju tempat acara Pembinaan K3 tanggal 9 sampai dengan 11 Agustus 2009 di Bogor, kali ini akan saya tuliskan beberapa hal dalam garis besar hasil dari Pembinaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bidang Teknisi dan Penyelia Lift yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi provinsi DKI Jakarta.

Keselamatan dan Kesehatan kerja adalah hak setiap tenaga kerja dalam melakukan pekerjaan serta setiap orang lainnya yang berada dalam lingkungan kerja seperti tertuang sepenuhnya dalam Undang-undang No.1 tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja yang dapat didownload di sini.

Khusus untuk lingkungan kerja yang berhubungan dengan lift, UU No.1 tahun 1970 dalam hal ini menyebutkan pada Bab II pasal 2 ayat (2) huruf f "dilakukan pengangkutan barang, binatang atau manusia, baik di daratan, melalui terowongan, di permukaan air, dalam air, maupun di udara;". Kemudian syarat-syarat keselamatan li…

Download Software Simulasi Kontrol Elektrikal

Assalamualaikum
EKTS (Electrical Control Techniques Simulator) adalah software yang berguna dan sangat membantu untuk mendesain atau simulasi electro/mechanical control system. Saya sampai saat ini juga menggunakan perangkat lunak dari veppa ini untuk belajar dan memecahkan masalah yang saya hadapi dalam pekerjaan saya.  Melalui software ini kita bisa bereksperimen dengan control menggunakan bermacam relay, kontaktor, timer, tombol, switch, motor, dan bahkan konfigurasi elevator atau lift. Menariknya lagi bagi yang sedang belajar seperti saya, saya dapat mempelajari prinsip kerja sistem dan menganalisa aliran arus pada suatu sirkuit, software ini juga dapat membantu menunjukkan kesalahan-kesalahan pada desain yang kita buat setelah kita lakukan simulasi. Hasil desain yang berupa gambar, dapat langsung dicetak / print, atau disimpan dalam bentuk file jpg, gif, png, dan bmp. 
Download Untuk instalasi di windows anda harus instal .NET Framework dulu di komputer anda. 

Video tutoria…