30 September 2009

0 Comments
Posted in Arrangement, Art, Business

Aman bekerja dengan laptop



Pernah kaget saat memasang adaptor laptop anda pada stop kontak? Terdengar ledakan kecil? Terlihat ada bunga api dari stop kontak? Atau malah tiba-tiba listriknya mati? Saya juga.
Kenapa bisa seperti itu? Padahal kan laptop cuma kecil "watt"nya dan cuma pakai battery. Begini... memang benar kalau laptop tidak membutuhkan daya yang besar seperti halnya PC. Tetapi pada setiap adaptor terdiri dari banyak komponen-komponen elektronik yang diantaranya adalah kapasitor yang bersifat menyimpan muatan listrik. Nah setelah adaptor mendapat tegangan yang dibutuhkannya, kapasitor-kapasitor ini akan menyimpan muatan listrik yang jika tidak digunakan (dihubungkan ke laptop), tidak akan lekas habis walaupun plug adaptor sudah dilepas dari stop kontak (outlet). Jika muatan listrik pada kapasitor ini masih ada, kemudian plug adaptor dihubungkan kembali pada stop kontak, hasilnya muatan listrik ketemu sumber listrik dan ...pletakkk! Bunyi ledakan kecil berikut bunga api keluar dari stop kontak. Dan ada pula yang menyebabkan trip (njepret) karena overload pada MCB yang bebannya sudah hampir mencapai kapasitasnya. Lebih bahaya lagi kalau outlet yang digunakan tidak sesuai standard, misal menggunakan roll cable, ekstention cable, atau outlet yang bertumpuk-tumpuk, momen-momen pada saat menancapkan plug adaptor ke stop kontak tersebut menyebabkan panas dan menimbulkan bahaya kebakaran. Mengerikan...

Nah ini ada sedikit tips tetapi tidak ilmiah dan silakan dicoba saja dulu.
Berikut tips aman untuk memasang (plug in) adaptor / charger laptop pada stop kontak (outlet).Pastikan adaptor laptop anda tidak ada muatan listrik sebelum anda menancapkan pada stop kontak. Caranya mudah saja tidak perlu diukur pakai alat ukur dan sebagainya. Cukup connect jack adaptor ke laptop anda tapi jangan dihubungkan ke stop kontak dulu. Kalau lampu led indikasi battery pada laptop anda menyala, berarti adaptor masih ada muatan listrik. Biarkan beberapa saat sampai benar-benar mati (lampu lednya) yang artinya adaptor anda sekarang telah habis muatan listriknya. Nah baru sekarang artinya sama dengan "It's now safe to plug your adaptor to electrical outlet" (kaya shutdown windows kan...). Coba dulu ya...
Setelah tahu cara aman connect adaptor ke outlet, namun terasa agak ribet dan kelamaan, ada tips aman selanjutnya yakni pada saat anda mencabut adaptor dari outlet, biasakan mencabut plug adaptor yang ke outlet (stop kontak) dulu baru kemudian tunggu beberapa saat sampai tidak ada lampu led baik yang di adaptor maupun indikator battery laptop anda yang masih menyala. Tunggu sampai benar-benar mati baru kemudian lepas jack adaptor yang ke laptop dan kemudian "It's now safe to save your laptop" dan nanti pada saat hendak menggunakan dan menghubungkan adaptor ke outlet lagi anda tidak perlu khawatir lupa masih ada setrum atau tidak pada adaptor anda.
Semoga bermanfaat.

15 September 2009

0 Comments
Posted in Arrangement, Art, Business

Yamaha Jupiter MX-135LC Electrical Diagram


Yang sudah lama dicari akhirnya ketemu juga. Buku manual Yamaha Jupiter MX-135LC. Hehe... padahal punya motornya sudah 3 tahunan tapi jarang utak-atik, kemudian saat dapat masalah baru mau belajar . Terimakasih untuk juragan Darshan dan anekacampur-nya yang berkenan sharing link downloadnya meski sudah agak basi tapi bagi yang baru mau belajar seperti saya mungkin petunjuk wajib untuk mengenal seluk beluk dan komponen dari motor Jupiter MX ini.
Lantas yang ingin saya sampaikan hanya yang berhubungan dengan kelistrikan motor ini saja. Mekanisnya browsing blog sebelah ya...
Berikut ini saya bawakan gambar diagram kelistrikan dari motor Jupiter MX-135LC dan juga diagram circuit lightingnya yang bawaan pabrik ini. Langsung saja di klik linknya karena kalau ditampilkan disini terlalu besar dan juga kalau diperkecil gambar jalur kabelnya tidak kelihatan.
MX135cc-wiring diagram
Mudah-mudahan dapat membantu bagi yang sedang mencari dan ingin belajar atau sedang ada masalah dengan kelistrikan motor (Jupiter MX)nya. Nah bagi juragan-juragan yang expert di bidang otomotif mohon petunjuknya dan sharing tentang kelistrikan pada motor Jupiter MX ini.

01 September 2009

0 Comments
Posted in Arrangement, Art, Business

Mahalnya Listrik di Bulan Puasa


Bulan puasa semua kebutuhan pokok terlebih sembako naik, pemakaian pulsa naik, tagihan internet naik. Ada pula yang mengeluh pasti listrik  nanti juga ikut naik. Kenapa?
T: Kenapa tagihan listrik bulan puasa kok lebih mahal ya? Padahal rice cooker saya siang tidak hidup, TV juga jarang karena saya menghindari acara gosip-gosip infotainment, bahkan saya jarang beraktifitas menggunakan listrik di rumah karena saya semangat untuk beribadah jadi saya lebih sering di mushola.
J: Mohon diingat bahwa pemakaian listrik selama bulan puasa tidak turut menurun seperti aktifitas kita. Bahkan dapat dikatakan pemakaian listrik pada Waktu Beban Puncak (WBP) tidak bisa dihindari yaitu antara jam 17:00 sampai jam 22:00 dimana penghitungan PLN, waktu beban puncak lebih mahal dibanding Luar Waktu Beban Puncak (LWBP) walaupun pada pemakaian rumah tangga tidak diberlakukan pengukuran meternya, akan tetapi pada saat beban puncak biasanya voltage menurun sehingga daya pemakaian menjadi lebih tinggi, putaran piringan kwh juga lebih cepat, angka pemakaian jadi lebih tinggi.
T: Tapi kan cuma sebentar lalu kemudian saya langsung ke mushola lagi sholat isya dan tarawih sampai malam.
J: Ya, namun setelah shalat tarawih ibu-ibu kembali sibuk mempersiapkan makanan sahur, rice cooker kerja kembali.

Pada bulan puasa bulan Ramadhan seperti saat ini, sebenarnya terjadi 2 (dua) kali Waktu Beban Puncak. Yang pertama, terjadi sesuai perhitungan PLN yaitu jam 17:00 sampai dengan jam 22:00. Sehingga PLN menyarankan program penghematan listrik rumah tangga pada jam -jam tersebut. Namun, pada bulan ini hal itu tidak dapat dilaksanakan sepenuhnya karena aktifitas padat umat muslim saat itu adalah berbuka puasa. Sehingga mau tidak mau pemakaian listrik tidak terlalu dipermasalahkan. Apalagi kaum ibu yang mempersiapkan menu berbuka dan masakan yang lebih spesial karena bulan ini adalah bulan spesial sehingga perkakas yang pada hari biasa tesimpan rapi di buffet dapur, dikeluarkan semua mulai dari juicer, mixer, puncher, dan kawan-kawannya. Kemudian selagi ibu memasak, yang lain menunggu sambil main PS, nonton tv, adalagi yang buka facebook dan blogwalking yang dibilang ngabuburit. Setelah selesai buka puasa dan shalat maghrib kemudian isya dan tarawih, pekerjaan ibu-ibu belum selesai (seperti pengalaman istri saya :)..) dan masih banyak pekerjaan yang menguras energi listrik di rumah.
Kemudian beban puncak yang ke dua, terjadi antara jam 02:00 sampai dengan jam 05:00 pagi hari. Pada saat persiapan dan pelaksanaan aktifitas makan sahur. Hal ini juga terbukti pada saat saya membuka trafic hits blog ini, saya mendapati tingkat kepadatan pengunjung blog yang tinggi juga terjadi antara jam 01:00 sampai dengan jam 05:00. Rating acara untuk menemani sahur di televisi juga meningkat pada bulan ini. Indikasi ini dapat saya simpulkan terjadi pula kepadatan pemakaian listrik rumah yang tinggi pada jam-jam ini. Beberapa hari yang lalu saya juga mengalami overload di rumah kontrakan yang dihuni 2 keluarga termasuk saya pada saat makan sahur. Pasalnya, kebetulan banyak perkakas yang dihidupkan pada saat itu seperti mesin pompa air, rice cooker 2 unit, kulkas 2 unit, PC, televisi 2 unit dan ditambah lagi tetangga sebelah yang menyetrika baju seragam anak-anaknya pada saat itu.

T: Jadi apa saran agar bisa berhemat pemakaian listrik di rumah saya pada bulan puasa ini?
J: Kurangi pemakaian listriknya.
T: Gimana sih?? Kan tadi katanya sudah tahu kalau pemakaian listrik pada saat beban puncak tidak bisa dihindari.
J: Ya mulai dari hal kecil. Misalkan memasak nasi menggunakan rice cooker atau penanak nasi elektrik sebelum jam 17:00 usahakan sudah masak jadi tinggal menghangatkan (warming) saja pada saat waktu beban puncak. Jadi kan dayanya lebih kecil daripada memasak (cooking).
T:T erus yang lain?
J: Penghematan pemakaian mesin pompa air. Kalau menggunakan bak penampungan air, usahakan sudah penuh atau masih penuh sampai jam 17:00.
T: Terus?
J: Terus terus...! Tunggu komentar pembaca di bawah ini aja...:)